Apa itu yang dimaksud dengan batik?

Batik merupakan kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam (lilin) pada kainnya itu, kemudian pengolahannya yang dapat diproses dengan cara tertentu atau biasa dikenal dengan kain batik (KBBI, 2007). Berdasarkan ilmu  etimologi dan terminologinya, istilah dari kata batik berasal dari bahasa Jawa yang merupakan rangkaian dari kata “mbat” yang artinya ngembat atau melempar berkali –  kali dan kata “tik” yang artinya titik. sehingga, membatik artinya bisa jadi melempar titik berkali-kali pada kain. Ada pula yang mengatakan bahwa kata batik berasal dari kata “amba” yang berarti kain yang lebar dan terdapat kata titik. Artinya batik merupakan titik – titik yang kemudian digambar pada media kain yang lebar sedemikian sehingga dapat menghasilkan pola-pola yang begitu indah.

Sedangkan menurut dari Endik (1986), batik merupakan suatu seni dan cara menghias kain dengan penutup lilin untuk membentuk sebuah corak hiasannya, kemudian membentuk sebuah bidang pewarnaan, yang sedang warna itu sendiri dicelup dengan memakai zat warna bisa.

Berdasarkan daari teknik pembuatan batik, terdapat 3 jenis batik yaitu sebagai berikut

  1. Batik Tulis

Batik tulis adalah batik yang digunakan secara manual menggunakan tangan dengan alat bantu canting untuk menerakan malam atau lilin pada corak batiknya. Dan Cara pembuatan batik dengan melukiskan sebuah pola pada kain dengan memakai tangan, alat-alat yang diperlukan antara lain adalah Canting, Gawangan, Wajan, kauli, Anglo, Tipas/ Tepas. Pembuatan batik tulis ini memerlukan kesabaran dan ketelitian yang tinggi karena setiap titik dalam motif berpengaruh pada hasil akhirnya. Motif yang dihasilkan dengan batik tulis tidak akan sama persis. Kerumitan ini yang menyebabkan harga batik tulis relatif mahal. Jenis batik tulis biasa dipakai raja, pembesar keraton, serta para bangsawan sebagai simbol kemewahan.

  1. Batik Cap

Batik cap merupakan batik yang dibuat dengan menggunakan cap atau alat yang semacam stempel motif batik yang terbuat dari tembaga. Cap  sendiri digunakan untuk menggantikan fungsi dari canting sehingga dapat mempersingkat waktu pembuatan batik.

  1. Batik Printing

Batik printing yang biasa disebut juga dengan batik sablon, karena semua proses pembatikan jenis batik ini sangant mirip dengan proses penyablonan.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/